Senin, 19 November 2012

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik



1   
1. Merkuri
Merkuri merupakan logam yang berwujud cair pada temperatur kamar dan menguap pada suhu 3570C. Bahan ini banyak digunakan sebagai produk pemutih dan jika terpapar hanya dalam konsentrasi yang rendah saja dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti gangguan fungsi otak,ginjal,bintik-bintik dan kanker.
2.     Hidroquinon
Hidroquinon banyak terdapat pada produk pemutih yang dapat menghilangkan melanin(penentu warna kulit) pada kulit dan penggunaan secara terus-menerus mengakibatkan pelindung kulit terhadap sinar matahari menjadi terkikis. Kadar yang diperbolehkan adalah <2%. Penggunaan yang melebihi batas yang dianjurkan juga menyebabkan penyakit kanker darah,kanker hati dan kelainan ginjal.
3.     Methanyl yellow
bahan yang biasanya terdapat pada bedak dan eye shadow. Mempunyai warna kuning kecoklatan dan dapat berakibat penyakit kanker kandung kemih jika terpapar, bersifat teratogenik(cacat pada janin),korosif dan mutagenik.

4.     Rhodamin B
Bahan yang memiliki rumus molekul C28H31N2O3Cl ini adalah salah satu pewarna yang mempunyai warna merah keunguan yang biasanya digunakan pada industri tekstil. Namun sekarang banyak digunakan pada kosmetik seperti untuk lipstik yang dapat menyebabkan kanker dan gangguan fungsi hati serta menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan.
5.     Aluminium
Aluminium merupakan logam berwarna putih dan bersifat liat serta memiliki titik lebur 6590C. Merupakan salah satu bahan kosmetik yang berbahaya karena menyebabkan gejala pikun pada manusia.
6.     Sodium lauril sulfat dan ammonium lauril sulfat
Merupakan bahan berbahaya dimana jika kadarnya mencapai 0,5 persen karena apabila terkena kulit akan menyebabkan terjadinya iritasi dan apabila kadarnya mencapai 10-30 persen dapat mengakibatkan korosi pada kulit. Selain itu, pada pasta gigi yang menggunakan bahan ini menyebabkan terjadinya sariawan. Bahan kimia inilah yang dapat menimbulkan busa pada shampo karena bersifat sebagai pengental.
7.     Paraben(asam para hidroksibenzoate)
Berfungsi untuk pengawet dalam kosmetik. Dapat menyebabkan kulit berwarna kemerahan dan iritasi dan dari hasil penelitian yang dilakukan terbukti bahwa 90% dari penderita penyakit kanker payudara terpapar paraben sebelumnya.
Penelitian yang dilakukan di Jepang menyebutkan bahwa kulit yang diolesi metilparaben akan menjadi rusak saat terkena sinar UV dan etilparaben dapat memperbesar resiko kanker. Propilparaben dan butylparaben dapat mengganggu system reproduksi laki-laki. Kadar yang diperbolehkan adalah <0,05persen.
8.     Isopropil alkohol
Digunakan sebagai pelarut dalam kosmetik. Dapat menyebabkan kemerahan karena iritasi dan merusak lapisan asam kulit sehingga bakteri dapat tumbuh subur dan menyebabkan penuaan dini.
9.     Ethanolamine (HOCH2CH2NH2)
Merupakan senyawa basa organik yang mudah menyerap air, tanpa warna dan memiliki titik leleh rendah. Ethanolamine dapat menyebabkan reaksi alergi dan kanker ginjal dan hati.
10.  Minyak mineral
Dapat menyebabkan jerawatan karena dapat menghambat proses pengeluaran toksin.
11.  Polyethilen glycol
Tujuannya untuk mengentalkan produk kosmetik dan efek sampingnya adalah menyebabkan kelembaban kulit berkurang sehingga dapat menyebabkan penuaan dini.
12.  Fragrance
Merupakan pengharum dalam kosmetik dimana bahan ini mengandung phthalates yang bersifat karsinogenik..
13.  Asam retinoat
Dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.
Untuk benar-benar tidak memakai bahan diatas tentunya sulit,bagi kita karena sebagian besar kosmetik yang beredar di pasaran memiliki paling tidak salah satu bahan diatas. Setidaknya kita bisa mengurangi penggunaan kosmetik yang memiliki bahan kimia diatas.
Ada baiknya kosmetik yang masih bisa digantikan dengan yang alami maka kita gunakan saja yang alami, seperti:
·      Menggunakan buah-buahan sebagai pengganti masker sintetik
·      Lipstick bisa digantikan dengan madu
·      Penebal alis menggunakan minyak zaitun
 Ada banyak artikel yang menjelaskan tentang penggunaan bahan alami untuk perawatan tubuh. Teman-teman bisa mencari artikel tersebut di google tentunya. 

Teman-teman silahkan juga di share dibawah ini  pengetahuan teman-teman yang berkaitan dengan bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yaa…JJJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar